Amalan-Amalan Sunah Saat Idul Adha Yang Baik Anda Lakukan

Saat menjelang hari raya Idul Adha, tentu saja ada beberapa amalan-amalan sunah yang sebaiknya di lakukan. Yang mana ini bisa di katakan sebagai ibadah tahunan. Salah satu amalan yang pastinya di lakukan adalah dengan puasa sunah terlebih dahulu. Yang mana ini di lakukan sebelum perayaan Idul Adha. Untuk puasa sunah yang di lakukan saat menjelang Idul Adha sendiri adalah puasa sunah arafah yang mana merupakan ibadah pada hari ke 9 bulan Dzulhijjah. Namun bukan hanya puasa saja, ada beberapa amalan lain yang pastinya bisa kita lakukan untuk menambahkan ganjaran kepada kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui amalan-amalan dalam menjalankan Ibadah Idul Adha. Kini memang banyak informasi terkait yang bisa kita dapatkan untuk menambah wawasan. Namun tanpa perlu merasa bingung lagi, anda bisa temukan informasi terbaik anda seputar amalan-amalan Idul Adha dengan penjelasan ini. Karena kami akan memberikan pembahasan hal terkait agar memudahkan anda mengetahuinya. Apa saja yang di lakukan? Mari simak penjelasannya di paragraf berikutnya.

aqiqah

Berikut Ini Beberapa Amalan Yang Sebaiknya Di Lakukan Saat Idul Adha

Ada beberapa amalan yang baik untuk kita lakukan sebelum Idul Adha. Yang mana pastinya ini bisa menambahkan ganjaran untuk anda. Mau tahu apa saja? Yuk simak di bawah ini dan lakukanlah saat idul Adha.

  1. Mengumandangkan takbir

Saat malam Idul Adha, tentu saja seluruh umat islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di setiap masjid, mushalla atau rumah-rumah. Untuk mengumandangkan takbir sendiri di lakukan setelah terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk berkutbah. Nah untuk takbir terakhir kali di laksanakan adalah saat shalat idul adha dan berakhir pada hari tasyrik yaitu tanggal 13 Dzulhijjah. Hal ini di lakukan karena pada waktu tersebut umat manusia dianjurkan untuk memuliakan, mengagungkan dan menghidupkan nama Allah SWT.

  1. Mandi sebelum Shalat Idul Adha

Sebelum datang ke masjid atau lapangan, umat islam sangat dianjurkan untuk mandi dan bebersih terlebih dahulu. Hal ini juga boleh dilakukan mulai pertengahan malam sebelum waktu subuh. Namun akan lebih maksimal sesudah waktu subuh. Hal ini karena tujuan dalam mandi adalah membersihkan debu dan kotoran sebelum melakukan shalat Idul Adha. Jadi ini adalah pilihan terbaik saat anda akan mandi adalah sebelum berangkat shalat Idul Adha.

  1. Menggunakan Wangi-wangian

Saat perayaan Idul Adha tepatnya sebelum melakukan shalat ID, maka di anjurkan bagi kita untuk menggunakan wewangian, memotong rambut, memotong kuku dan menghilangkan kotoran serta bau yang ada di tubuh. Yang mana jadi sebaiknya anda memang harus membersihkan keseluruhan badan anda.

  1. Menggunakan pakaian bersih

Saat hari raya Idul Adha, maka dianjurkan untuk anda menggunakan pakaian terbaik yang anda miliki. Yang paling penting adalah menggunakan pakaian bersih dan juga suci.

  1. Berjalan kaki menuju masjid

Saat menuju masjid, sangat dianjurkan untuk anda berjalan kaki. Yang mana agar sesama muslim bisa bertegur sapa di jalan sehingga mampu mempererat tali silaturahmi. Selain itu juga dianjurkan agar berangkat lebih awal menuju tempat shalat di laksanakan.

  1. Tidak makan sebelum shalat

Pada perayaan Idual Adha disunahkan untuk makan setelah selesai shalat ID. Jadi anda bisa makan setelah nya dan sebelum anda pergi tidak dianjurkan untuk makan.