Inilah Hal –Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Kurban

Kurban adalah salah satu ibadah yang pastinya di rayakan oleh seluruh umat islam di dunia. Kurban sendiri menjadi ibadah sunah yang di jalankan dengan proses penyembelihan hewan seperti domba, kambing, sapi atau Unta. Setelah di lakukan prosesi penyembelihan, maka daging kurban pun akan di bagikan kepada masyarakat. Masyarakat yang mendapatkan daging kurban ialah mereka yang kurang mampu. Namun untuk tahun ini, mungkin kurban tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi virus corona ini, dalam menjalankan kurban sendiri akan di langsungkan namun dengan pembatasan. Sehingga tidak semua orang bisa menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban. Namun bukan hanya soal itu saja, dalam menyelenggarakan kurban, ada beberapa hal yang pastinya harus diperhatikan. Dengan memperhatikan secara detail pelaksanaan kurban tersebut, tentu saja kurban pun bisa berjalan dengan baik dan ibadah kurban juga sah. Jika kurban sendiri tidak di laksanakan dengan baik serta sesuai dengan persyaratan, maka ibadah pun juga tidak lagi sah. Oleh karena itu agar ibadah kurban bisa berjalan sesuai dengan harapan. Ada beberapa hal yang pastinya harus anda perhatikan.

kurban

Berikut Ini Beberapa Hal Yang Di Maksud!

Jika anda ingin menyelenggarakan ibadah kurban, tentu saja anda jangan melakukan secara asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan dalam menjalankannya. Berikut penjelasannya.

  1. Memastikan kondisi aman

Karena di tengah pandemi seperti ini kita wajib menjalankan social distancing, maka dalam menjalankan ibadah kurban perlu anda pastikan jika kondisi memang aman. Dengan kondisi yang aman maka anda pun bisa menjalankan ibadah dengan tenang. Tentu saja jika kondisi sedang tidak aman maka tentu saja ini tidak bisa di jalankan oleh banyak orang. Dimana penyembelihan sendiri di lakukan oleh panitia saja. Jika biasanya warga setempat bisa melihat langsung, kini aa pembatasan tentunya. Apalagi adanya kewajiban untuk tidak berkerumun.

  1. Siapkan peralatan

Sebelum melakukan penyembelihan harus di perhatikan dengan baik peralatan yang di gunakan. Menyiapkan pisau yang tajam adalah hal penting untuk di lakukan. Selain itu memastikan jika hewan yang akan disembelih memang dalam kondisi yang sehat. Sehingga dengan mudah jika kurban bisa berjalan dengan baik.

  1. Puasakan ternak

Agar saat disembelih hewan ternak tidak beringas dan mudah untuk di tangani, maka solusi terbaik untuk anda adalah memilih untuk memuasakan hewan ternak tersebut. Selain itu pemuasan ini juga akan mengurangi isi perut dari hewan ternak tersebut. Jadi proses kurban jauh lebih mudah di lakukan dan akan membuat kita lebih mudah membersihkan kotoran dari hewan ini.

  1. Biarkan ternak istirahat

Jangan membuat ternak anda letih atau gelisah, karena ini akan menurunkan kualitas daging. Jadi agar daging yang di dapatkan kualitasnya bagus perlu di pastikan jika kita memanfaatkan pengistirahatan ternak tersebut.

  1. Proses penyembelihan

Dalam proses ini ialah memotong tiga saluran pada bagian leher yang mana adalah napas, makan dan pembuluh darah. Jika ternak belum mati maka tidak diperbolehkan menusuk jantung, memotong kaki, memotong ekor dll. Pastikan jika hewan ternak sudah mati dan dianggap sebagai bangkai.

  1. Setelah disembelih

Potong-potong daging untuk di bagikan kepada mereka yang membutuhkan. Untuk penempatan daging yang di bagikan ialah menggunakan plastik berwarna bening atau putih agar daging tetap dalam keadaan aman dan baik.