Kriteria Sapi Kurban Yang Harus Anda Tahu!!!

Menjelang idul Adha, bagi umat muslim tentu saja akan mempersiapkan ibadah kurban. Dalam ibadah kurban sendiri akan di lakukan prosesi penyembelihan kambing, domba, sapi atau dengan unta. Namun dalam penyembelihan sendiri, di perlukan dengan hewan kurban yang berkualitas baik dan sah. Jika ibadah kurban di lakukan dengan hewan yang sesuai dengan syariat tentu saja ibadah pun bisa berjalan dengan baik dan lancar. Ada beberapa hal yang pastinya wajib untuk anda jadikan pertimbangan dalam menyelenggarakan aqiqah. Supaya maksimal hasilnya anda bisa simak beberapa ulasan ini. Yang mana dapat membantu anda dalam menyelenggarakan kurban dengan baik dan juga sah. Nah kurban sendiri merupakan salah satu syariat dalam agama yang di laksanakan dengan aturan sedemikian rupa. Dengan aturan terbaik tentu saja ibadah kurban pun bisa berjalan dengan baik serta sesuai dengan harapan. Namun wajib untuk anda memastikan bila anda memang menyelenggarakan ibadah kurban dengan baik. Ada beberapa hal yang wajib untuk dijadikan perhatian. Bila merasa bingung dalam menyelenggarakan. Maka anda bisa konsultasi dengan mereka yang sudah ahli dalam bidangnya. Dengan begitu maka ibadah kurban pun bisa berjalan dengan baik serta sesuai harapan.

aqiqah

Berikut Ini Beberapa Kriteria Yang Harus Di Lengkapi Dalam Memilih Sapi Kurban

Hal terpenting yang harus kita perhatikan dalam melaksanakan ibadah kurban adalah hewan yang di gunakan. Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban. Apa saja? Perhatikan beberapa ulasan di bawah ini.

  1. Usia hewan kurban

Hal pertama yang wajib untuk anda jadikan pertimbangan adalah usia dari hewan kurban. Kita haruslah memilih hewan kurban dengan usia yang tepat. Karena usia yang tidak tepat akan membuat kurban kita juga tidak sah. Untuk sapi sendiri, memastikan usianya sudah 2 tahun dan masuk ke usia 3 tahun. Jika belum masuk di usia tersebut maka ibadah kurban tentu saja tidak akan sah. Jadi pastikan saat membeli usia sapi benar kejelasannya.

  1. Kondisi sapi sehat

Untuk hewan yang di gunakan dalam ibadah kurban harus di perhatikan akan kondisi kesehatannya. Memastikan jika sapi yang di gunakan dalam keadaan yang sehat adalah hal yang wajib. Untuk hewan kurban yang baik di pilih ialah tidak dalam keadaan buta, sakit, pincang, tidak urus dan memiliki sumsum tulang. Dengan hewan kurban yang sehat tentu saja kurban pun bisa sah.

  1. Pastikan bukan milik orang lain

Jika hewan kurban yang didapatkan tidak sah seperti hasil mencuri tentu saja tidak di perbolehkan untuk kurban. Untuk itu dalam memilih hewan kurban haruslah dalam keadaan yang mana kepemilikannya jelas. Bahkan bukan lagi dengan hewan gadai ataupun hewan warisan. Jadi pastikan saat anda melakukan pembelian ada informasi jelas terkait dengan hewan kurban yang anda beli.

  1. Penyembelihan hewan kurban

Untuk penyembelihan hewan kurban sendiri harus di tentukan syari’at. Yang mana ada batas akhir penyembelihan hewan kurban adalah terbenam matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah atau 4 hari setelah idul Adha.

Nah itulah beberapa ketentuan dalam menjalankan kurban. Jadi jangan sampai salah dalam memilih hewan kurban dan harus di pastikan dalam penyembelihan adalah dengan waktu yang tepat. Konsultasi dengan orang yang lebih paham agar ibadah kurban sah dan tidak sia-sia.