Saat Memilih Hewan Kurban Sebaiknya Perhatikan Beberapa Hal Ini

Saat melakukan penyembelihan hewan kurban, tentu saja kita harus melakukan penyembelihan sesuai dengan syarat sahnya. Hal ini agar ibadah kurban juga memberikan berkah kepada kita selain itu menjadi bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT. Ibadah kurban sendiri merupakan salah satu cara dalam meningkatkan rasa persaudaraan dengan cara saling berbagi. Untuk menjalankan ibadah kurban sendiri, bukan hanya melakukan penyembelihan hewan kurban saja. Namun ada sunah-sunah yang bisa kita amalkan untuk mendapatkan pahala lebih banyak. Salah satunya adalah melakukan puasa sunah arafah, melakukan sholat Ied dan masih banyak lainnya. Menjalankan ibadah sunah di momen terbaik tentu saja akan memberikan berkah untuk kita semua. Menjalang hari raya Idul Adha, hal yang paling penting dan selalu jadi perhatian banyak orang adalah dengan hewan yang di gunakan untuk kurban. Tentu saja dalam memilih hewan kurban sendiri tidak semudah yang di bayangkan juga. Kita harus memilih hewan kurban yang benar-benar sempurna atau tidak memiliki cacat. Oleh karena itu, jika anda ingin melakukan pembelian hewan kurban sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Karena kami akan memberikan informasi kepada anda terkait cara dalam melakukan pembelian hewan kurban.

hewan kurban

Berikut Ini Beberapa Cara Mudah Dalam Melakukan Pembelian Hewan Kurban

Saat anda melakukan pembelian hewan kurban, tentu saja ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Karena pembelian ini harus memenuhi syarat sah dalam berkurban. Mau tahu apa saja syarat sah dalam menjalankan ibadah kurban? Nah anda bisa dapatkan lebih detail dengan informasi di bawah ini.

  1. Hewan yang boleh di gunakan untuk kurban

Untuk hewan yang di gunakan dalam kurban sendiri tentu saja harus diperhatikan dengan baik. Tidak semua hewan bisa di gunakan dalam kurban. Jenis hewan yang bisa anda gunakan untuk kurban adalah unta, sapi, kambing, kerbau & domba. Nah di sini untuk jenis kelamin kambing yang di gunakan untuk kurban bisa anda pilih sesuai dengan yang anda dapatkan. Karena anda bisa gunakan kambing jantan maupun betina.

  1. Hewan ternak harus dalam keadaan sehat

Dalam menjalankan ibadah kurban, tentu saja kita harus memilih hewan yang mana kondisinya sehat. Hewan yang sehat tentu saja berbulu bersih, bermuka cerah, lincah, celah kuku bersih dan lubang kumlah bersih. Selain itu hewan kurban juga memiliki suhu normal 37. Bahkan nafsu makan hewan pun sebaiknya anda perhatikan dengan baik. Kemudian dari bentuk tubuh anda tidak harus memilih hewan yang terlalu gemuk asalkan hewan tersebut memang ideal. Nah jika anda memilihnya saat musim hujan, pastikan jika hewan tersebut tidak diare atau cacingan.

  1. Tidak memiliki cacat

Hewan yang di untuk kurban tentu saja tidak boleh memiliki kecacatan tubuh. Jadi pastikan hewan tersebut tidak pincang, tidak buta dan bagian tubuh tidak ada yang sobek atau patah. Jadi harus dipastikan jika hewan yang anda gunakan dalam kurban benar-benar dalam kondisi yang sempurna.

  1. Hewan cukup umur

Umur hewan yang di gunakan dalam kurban tentu harus kita perhatikan dengan baik. Dimana hewan tersebut harus memenuhi kecukupan umur dan tidak boleh mengorbankan hewan yang masih kecil. Untuk domba dan kambing haruslah memiliki umur 1 tahun. Untuk sapi dan kerbau adalah 2 tahun. Jadi pastikan anda memilih hewan kurban yang sudah layak disembelih.